PERTEMUAN IDI CABANG BANYUMAS DENGAN PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS ASOSIASI KLINIS DAN RUMAH SAKIT

Pertemuan perhimpunan dokter spesialis IDI Cabang Banyumas dilakukan pada Jumat, 11 Januari 2019, dihadiri hampir semua perwakilan perhimpunan dokter spesialis, meliputi perwakilan perhimpunan dokter spesialis anak, penyakit dalam, bedah, mata, kulit, kebidanan dan kandungan, anestesi, penyakit syaraf, THT-KL, bedah syaraf, bedah plastik, radilogi, perwakilan dokter umum, asosiasi klinik, asosiasi rumah sakit swasta.

Kesan persaudaraan sangat terasa dalam pertemuan ini, dan para dokter perwakilan perhimpunan mengungkapkan perasaan gembiranya merasakan baru pertama kali ini berkumpul menghadiri undangan IDI Cabang Banyumas.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa hal yang menjadi kesepakatan berkaitan dengan perijinan dan pemetaan praktek dokter di wilayah Banyumas, salah satu tujuan diantaranya untuk menjaga marwah etika pelayanan dokter dan hubungan sesama dokter, dari kondisi ini memerlukan sebuah prosedur pemberian rekomendasi IDI berkaitan dengan pengajuan SIP secara tetap.

Tidak kalah menarik juga pembahasan mengenai sistem monoloyalitas dalam praktek kedokteran, hal ini berkaitan dengan perjanjian yang telah dilakukan dokter terkait dan amanah undang-undang praktek kedokteran, oleh karena itu memerlukan tindak lanjut IDI Cabang Banyumas dengan unit terkait.

Pada kesempatan ini juga disampaikan pemaparan tentang web idibanyumas.com, dan harapannya kedepan untuk partisipasi para dokter untuk mengisi website tersebut berkaitan dengan kegiatan para dokter di masyarakat, kegiatan ilmiah, kegiatan sosial lainnya, artikel ilmiah, perkembangan pelayanan kedokteran, sistem registrasi online, dan pelaksanaan CME (continuing medical education).

Beberapa usulan berkaitan dengan koordinator dokter spesialis yang di koordinir oleh IDI Cabang Banyumas sangat dipelukan untuk membangun komunikasi, sedangkan berkaitan dengan sekretariat dari masing-masing perhimpunan yang tidak boleh berada di unit pelayanan pemerintah (rumah sakit) diatwarkan untuk memanfaatkan gedung IDI Cabang Banyumas yang cukup representatif.

Berkaitan dengan salah satu program bidang ilmiah adalah pelaksanaan RTD (round table discussion), diharapkan peran serta aktif perhimpunan untuk melaksanakan, IDI Cabang Banyumas akan memfasilitasi tentang penerbitan SKP. Khusus untuk dokter spesialis baru juga diharapkan dapat membuat RTD tersendiri, dengan memanfaatkan dokter di faskes sekitar sebagai audien, adapun sebaga tempat dan pelaksanaan bisa berkoordinasi dengan bidang ilmiah.

Pertemuan ini memberikan kesan mendalam dan para dokter juga mengharapkan pertemuan seperti ini bisa rutin dilaksankan. Kita mengharapkan IDI Cabang Banyumas semakin rukun, berkembang dan bersosial dalam membangun kesehatan di wilayah Banyumas.

by sekretariat IDI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *