BAKTI DOKTER SPESIALIS RSUD AJIBARANG UNTUK MASYARAKAT GUMELAR

GUMELAR – Kecamatan Gumelar yang memiliki medan pegunungan dengan jalan yang berkelok-kelok serta jarak dengan rumah sakit yang cukup jauh, membuat akses pelayanan dokter spesialis menjadi kurang maksimal. Untuk bertemu dengan dokter spesialis di rumah sakit, paling dekat mereka harus menempuh perjalanan lebih kurang 1-2 jam. Kurangnya angkutan umum dan masih lemahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis di rumah sakit menambah kurang maksimalnya akses pelayanan.

Masih dalam  rangkaian  peringatan HUT  yang Ke-12, RSUD Ajibarang mengadakan kegiatan Pengobatan Gratis Dokter Spesialis di Puskesmas Gumelar. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah nyata akan kepedulian terhadap pentingnya kesehatan dan juga semakin mendekatkan dan memasyarakatkan pelayanan Dokter Spesialis. Kegiatan yang dilaksanakan  Sabtu (02/02/2019)  ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat Kecamatan Gumelar dan sekitarnya.

   

Ketua IDI Cabang Banyumas, dr Noegroho Harbani, M.Sc, Sp.S., sekaligus sebagai Dokter Spesialis Saraf di RSUD Ajibarang memimpin langsung kegiatan ini dengan mengajak 4 sejawat dokter spesialis RSUD Ajibarang yang lain yaitu, dr Nani Widorini, Sp.PD., dr Hesa Kusuma, Sp.OG., dr Inge Cahya Ramadhani, Sp.P., dan dr Din Alfina, Sp.A.

Lima pelayanan poli spesialis dibuka, yaitu Poli Saraf, Poli Penyakit Dalam, Poli Kebidanan dan Kandungan, Poli Paru dan Poli Anak. Tidak hanya pemeriksaan, para dokter spesialis juga memberikan pelayanan USG Kandungan, Injeksi Artikular untuk manajemen  nyeri pasien saraf, serta perekaman EKG jantung. Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur RSUD Ajibarang, dr Dani Esti Novia, dan diikuti oleh lebih kurang 300 pasien yang terbagi kedalam 5 poli spesialis dengan poli saraf menjadi poli dengan antusiamse tertinggi.

   

 

    

“Saya sangat senang Dokter Spesialis RSUD Ajibarang bisa memberikan pelayanan di Puskesmas Gumelar, sehingga dekat dengan rumah. Semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan,” ungkap salah  satu  pasien yang mengantri berobat. Banyak dari pasien yang berharap acara ini tidak hanya sekali dilaksanakan namun bisa rutin dilaksanakan, sehingga mereka dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan dokter spesialis.

“Dengan kegiatan ini Saya dapat lebih menjangkau masyarakat desa yang mungkin jarang mau datang ke RS. Saya menemukan lebih kurang 18 pasien dengan gangguan tumbuh kembang akibat kurangnya kesadaran orang tuanya untuk memberikan makanan yang bergizi ke anak-anak,” tutur dr Din Alfina, Sp.A. “Banyak yang tidak sadar dan minim informasi mengenai tumbuh kembang anak. Melalui kegiatan ini Saya bisa memberikan edukasi sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang putra-putrinya,” lanjut dr Din.

Harapannya kegiatan seperti ini akan lebih sering dilakukan guna mendekatkan akses pelayanan dokter spesialis pada masyarakat, terutama masyarakat pedalaman yang sulit mendapat akses untuk berobat ke rumah sakit.

Oleh: dr.Coraega/RSUD Ajibarang

One thought on “BAKTI DOKTER SPESIALIS RSUD AJIBARANG UNTUK MASYARAKAT GUMELAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *