SEMINAR ILMIAH GRATIS DI RSUD AJIBARANG

AJIBARANG – “Long Life Learning” adalah satu slogan yang tak asing didengar terutama dikalangan dokter. Belajarlah seumur hidup, sebagai seorang dokter kita wajib untuk terus belajar serta meng-update ilmu kita agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Evidence-based Medecine selalu berubah seiring perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, hal ini menuntut seorang dokter untuk terus juga aktif mengikuti kegiatan ilmiah ataupun membaca jurnal tebaru guna meningkatkan keilmuannya. 

Seperti yang baru-baru ini diselenggarakan oleh RSUD Ajibarang bekerja sama dengan IDI Cabang Banyumas, yang juga sebagai rangkaian kegiatan HUT Ke-12 RSUD Ajibarang yaitu “Seminar Ilmiah: Kegawatdaruratan Paru, Ortopaedi, dan Psikiatri.” Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu (26/01/19). Instalasi Diklat dan Direktur RSUD Ajibarang sangat mendukung kegiatan seminar ilmiah ini. Peserta sama sekali tidak dipungut biaya atau GRATIS untuk mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti oleh Dokter-dokter umum dari Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta di sekitar lingkungan RSUD Ajibarang. Pembicara acara seminar ini terdiri dari dr Inge Cahya Ramadhani, Sp.P., dr Hidayat KW, Sp.OT dan dr Okto Prihermes, Sp.KJ.

Materi yang diberikan merupakan update ilmu terbaru mengenai penanganan kegawatdaruratan di bidang Paru dalam hal ini dibahas mengenai TB, kemudian di bidang ortopaedi dan psikiatri. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk Dokter Umum dalam menangani pasien di PPK 1 maupun IGD.

Seminar ini bukanlah kali pertama RSUD Ajibarang mengadakan secara gratis, melainkan sudah ke-3 kalinya. Tujuannya sendiri adalah menfasilitasi sekaligus menjadi wadah untuk meng-update ilmu bagi Dokter-dokter Puskesmas dan RS di sekitar RSUD Ajibarang.

Kegiatan seperti ini sangat didukung oleh IDI Cabang Banyumas. Ketua IDI Cabang Banyumas, dr Noegroho Harbani, M.Sc, Sp.S., mengatakan “Kedepan IDI Cabang Banyumas ingin dapat bekerja sama dengan Perhimpunan Profesi Spesialis untuk dapat mengadakan Seminar Ilmiah atau Round Table Discussion (RTD) bagi seluruh Dokter-dokter Anggota IDI Cabang Banyumas secara GRATIS. Minimal untuk dapat dilaksanakan 2/3 bulan sekali.” Hal ini bertujuan agar ilmu yg disampaikan dapat dirasakan manfaatnya secara luas namun juga tidak memberatkan para dokter.  (CGE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *