Posyandu Juga Penting Untuk Lansia

Selama ini sebagian besar masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil, yang mana mereka butuh diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan juga memerlukan perhatian khusus karena akan berdampak pada berbagai aspek, salah satunya aspek kesehatan. Semakin bertambahnya usia, lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu, pemerintah menyediakan layanan kesehatan berupa posyandu lansia untuk memperhatikan status kesehatan para lansia di Indonesia. (red)

Apa itu posyandu lansia?

Posyandu adalah kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan keluarga berencana&kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat. Kegiatan posyandu terselenggara dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS). Sedangkan lanjut usia (Lansia) merupakan seseorang yang mencapai usia 60 (enam puluh) tahun ke atas. Tujuan kegiatan posyandu lansia adalah untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan, juga meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia meliputi pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Meja I, merupakan kegiatan pendaftaran lansia dan pemberian Kartu Menuju Sehat (KMS).
  2. Meja II, merupakan kegiatan pengukuran berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), dan tekanan darah yang dicatat dan dipantau di KMS untuk deteksi dini penyakit yang diderita. Pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana dan rujukan kasus juga dilakukan di meja II ini.
  3. Meja III, meliputi kegiatan konseling, disini juga bisa dilakukan pelayanan pojok gizi.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia, kegiatan olah raga seperti senam lansia untuk meningkatkan kebugaran, dan terdapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia.

Posyandu lansia sangat bermanfaat karena selain untuk mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar, posyandu lansia juga dapat mempertahankan kesehatan psikologis lansia. Saat menghadiri posyandu, para lansia akan bertemu dengan sebayanya, mereka akan saling berkomunikasi dan berinteraksi. Hal tersebut akan menjadi obat kesepian dan kesedihan mereka. Di posyandu lansia, mereka juga diajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan, sehingga mereka akan lebih kuat dalam menjalani kehidupan. (dr. Bunga)

Posyandu Lansia di Puskesmas 2 Cilongok

2 thoughts on “Posyandu Juga Penting Untuk Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *