Ketua IDI Banyumas Hadiri Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK se-Kabupaten

Purwokerto – Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas mengadakan Rapat Koordinasi bersama seluruh Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan dan desa sekabupaten, Kamis (14/3/2019) di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Acara ini bertujuan untuk memantapkan program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2019, juga untuk menjaga semangat dan komitmen para tim penggerak PKK sekabupaten.

Hadir dalam acara tersebut Ketua IDI Cabang Banyumas, dr. Noegroho Harbani, Sp.S, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menghimbau kepada seluruh tim penggerak PKK untuk berperan aktif dalam peningkatan kesehatan masyarakat. “Tim Penggerak PKK di semua tingkat harus bahu-membahu bekerja sama dengan komponen masyarakat untuk mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan,” jelas beliau. dr. Noegroho juga sempat memberikan edukasi tentang penyakit stroke dan nyeri, sesuai dengan bidangnya di bagian saraf.

Sambutan Ketua IDI Cabang Banyumas dalam Rakor Tim Penggerak PKK

Dalam acara yang sama, IDI bekerja sama dengan RSUD Ajibarang mengirimkan perwakilan tim BHD untuk mengisi materi “Bantuan Hidup Dasar”. Materi BHD dipilih dengan tujuan agar para tim penggerak PKK mengetahui, bisa dan berani melakukan tindakan pertolongan jika terdapat korban henti nafas dan henti jantung. “Bantuan hidup dasar ini, di seluruh dunia, diberikan juga untuk masyarakat awam/relawan non medis karena henti nafas dan henti jantung bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja”, jelas dr. Maela saat menerangkan materi BHD. Sesi BHD diakhiri dengan praktik resusitasi jantung paru pada manekin yang disambut antusias oleh para peserta rapat koordinasi. (mrd)

Pemaparan materi Bantuan Hidup Dasar
Peserta mempraktikkan cek respons pada simulasi kasus henti nafas dan henti jantung

One thought on “Ketua IDI Banyumas Hadiri Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK se-Kabupaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *