Kolaborasi IDI Banyumas Bersama IIDI, IFI, PKK Banyumas, Mengadakan Pengobatan Gratis di Pekuncen

Pekuncen,- Jumat (29/3/2019) telah diselenggarakan pengobatan gratis di Balai Pertemuan Desa Pekuncen. Kegiatan ini terwujud berkat kerjasama antara IDI Cabang Banyumas, IIDI (Ikatan Istri Dokter Indonesia) Cabang Banyumas, TP (Tim Penggerak) PKK Kabupaten Banyumas, IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia) Cabang Banyumas, RSUD Ajibarang, serta perangkat desa dan PKK Desa Pekuncen. 

Kegiatan pengobatan gratis ini diikuti oleh lebih dari seratus warga desa Pekuncen. Tim dokter umum, dokter spesialis saraf dan fisioterapi ikut berpartisipasi dalam acara pengobatan yang lebih mengkhususkan pada pelayanan nyeri. Pengobatan gratis ini bertujuan untuk memfasilitasi masyakarat agar bisa mendapatkan pelayanan pengobatan nyeri langsung dari ahlinya. Dalam hal ini turun langsung dr. Noegroho Harbani, M.Sc, SpS yang juga merupakan ketua IDI Cabang Banyumas.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ibu Erna Sulistyowati selaku ketua TP PKK Kabupaten Banyumas. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pekuncen”, ucap Ibu Erna dalam sambutannya. Kepala Desa Pekuncen, Bapak Sugiyanto, yang juga hadir dalam acara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penyelenggaraan acara pengobatan gratis yang disambut antusias oleh warga Pekuncen.

Setiap warga yang datang berobat dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik oleh dokter umum. Sambil menunggu antrian pemeriksaan, warga mendengarkan penyuluhan yang disiapkan oleh IIDI Cabang Banyumas, yaitu mengenai “Bagaimana Strategi Mengelola Emosi” yang dibawakan oleh ibu Rahmawati Wulansari, M.Si, Psikolog. Apabila pasien membutuhkan penanganan nyeri lebih lanjut, pasien tersebut kemudian dikonsultasikan kepada dokter spesialis saraf untuk mendapatkan tindakan injeksi intraartikuler. Beberapa pasien juga diarahkan ke pojok fisioterapi untuk mendapatkan edukasi mengenai postur tubuh yang baik dan teknik mengurangi nyeri. (mrd, cge)

GALERI FOTO :

Foto Bersama Ketua PKK Banyumas, Kepala Desa Pekuncen, Ketua IDI dan Para dokter

Ibu Bupati Sedang memberikan rasa kasing sayang kepada warganya

Peran Ibu-ibu PKK Banyumas

Peran IIDI dalam membantu kegiatan Pengabdian dan Pengobatan Gratis

Ujud Kasih sayang salah seorang anggota IIDI

Peran Fisioterapis IFI

Peran PKK Desa Pekuncen membantu proses pendaftaran

Injeksi intraartikuler sebagai salah satu tatalaksana penanganan nyeri sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *