“Puasa dan Kesehatan Tinjauan Ilmu Medis dan Agama” (Pengajian IDI dan IIDI Cabang Banyumas

Purwokerto – Hari ini, Minggu (26/03/19) kembali diadakan Pengajian Akbar IDI Cabang Banyumas bekerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Banyumas. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Wakil Bupati Banyumas ini dihadiri oleh puluhan anggota IDI. Untuk kegiatan di minggu ini mengambil tema “Puasa dan Kesehatan Tinjauan Ilmu Medis dan Agama” yang dibawakan oleh: dr. H. Masyhudi AM. M.Kes. Beliau merupakan direktur RSI Sultan Agung Semarang.

Berikut adalah ringkasan isi materi yg disampaikan beliau.

Dasar dasar puasa dan kesehatan
Ayat Al Qur’an yg terkait dg puasa dan kesehatan, yaitu QS Al A’raaf: 21.
Islam mengajarkan ilmu kesehatan dan prinsip prinsip kesehatan secara lengkap hanya dari separuh ayat Alquran dan dikutiplah ayat dari QS Al A’raaf: 21. Dalam hadist Rasulullah mengajarkan ilmu kesehatan secara lengkap. Dalam hadist riwayat Ibnu Majah dan Ibnu hibbah disebutkan “Manusia tidak menemukan tempat yg lebih jelek dari perutnya, cukuplah beberapa makanan untuk menegakkan tulang punggungnya dengan mengisi sepertiga makanan, minuman dan untuk pernafasan.”
Sepertiga makanan, minuman dan pernafasan adalah hanya sebuah kiasan sehingga dapat dimaknai sebagai aturan variasi makanan. Pergeseran penyakit ke arah degeneratif adalah bersumber dari makanan atau erat kaitannya dengan makanan. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam ad Dailamy, “Lambung (perut) manusia adalah tempat segala macam penyakit, sedangkan pencegahan adalah pokok dari upaya pengobatan.”

Makanan adalah faktor utama, puasa adalah sarana yg paling tepat untuk upaya menahan hawa nafsu salah satunya nafsu makan minum.
Makanan dapat menyehatkan dan bisa membuat sakit. Contoh makanan yang dapat membuat menjadi sakit adalah makanan dengan jumlah yg berlebihan, misal konsumsi makanan daging kambing secara berlebihan.

Kebiasaan makanan tidak sehat:
1. Pertama kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan kolesterol tinggi.
2. Kebiasaan makanan dengan zat tambahan atau aditive seperti zat penyedap berlebihan, dll
3. Ketiga kebiasaan makanan dan minuman yg mengandung soda alkohol
4. Keempat, makanan yg kadaluwarsa dan tidak bersih
5. Pola makan yg tidak teratur sering tergesa beda dan tidak sempurna dicerna.

Benarkah puasa menjadikan kita sehat?
Dalam hadist yang diriwayatkan oleh  Imam Tabrani disebutkan, “Berpuasalah maka niscaya kamu sehat.”
Puasa yg dicontohkan Rasulullah adalah contoh puasa yg menyehatkan.

Puasa yg sehat sudah dicontohkan Rasulullah, antara lain :
1. Hendaklah kita menyegerakan berbuka, dalam hadist riwayat Ibnu hibban, “Jika berpuasa, Rasulullah tidak shalat Maghrib sebelum makan kurma atau minum air.” Glukosa dipilih karena cepat utk dimetabolisme oleh tubuh sebagai tenaga.
2. Mengakhirkan santap sahur. Hikmah: tidak mengalami ketersiksaan, terkait dengan cadangan energi. Puasa sebagai wujud ketakwaan kita. Dalam sahur ada berkah dalam berpuasa. Cadangan glukosa di hepar, itu habis 14-16 jam. kadi puasa kita sudah pas untuk kesehatan jadi tidak boleh waktu puasa berlebihan atau makin lama. Salah satu hikmah puasa mengikuti Sunnah Rasul.
3. Saat berbuka tidak balas dendam dalam hal makanan. Tidak boleh berlebih lebihan. Dalam QS. Al A’raaf ayat 31 dan HR. Abu Daud, “Kita ini golongan yg makan karena sudah lapar,apabila makan tidak sampai kenyang.” Penduduk Madinah jarang yg sakit saat jaman Rasulullah, karena makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tidak boleh berlebihan dalam makan atau ketika makan. Hal ini sesuai dengan ilmu kesehatan.
4. Melaksanakan puasa penuh dengan keikhlasan.
Puasa dilandasi penuh keimanan dan semata mata berharap pahala Allah SWT.
Kajian psikoneuro-endokrinologi adalah kajian yg mengkaitkan antara faktor psikis,saraf dan sistem endokrin. Prinsipnya adalah keseimbangan hormon dalam tubuh.

Keseimbangan hormon terganggu akan mengakibatkan penyakit.
Beberapa ilustrasi :
1.Mekanisme pengeluaran hormon saat kaget: jantung berdebar debar, hormon adrenalin dan memacu kerja jantung. Apabila ketakutan itu berlangsung setiap hari maka akan berbahaya bagi tubuh.
2. Mekanisme mengeluarkan asam lambung karena cemas/stress perut perih. Hormon cemas mendorong lambung mengeluarkan asam lambung.
3.gangguan produksi hormon insulin karena stress /emosional yg terus menerus shg menyebabkan sakit gula.
Sakit psikis menjadikan imunitas tubuh berkurang. Lelah fisik dan psikis mendorong tubuh menurun imunitasnya.

Penyakit kanker adanya faktor kejiwaan yg tidak baik shg sel tubuh menjadi berkembang menjadi sel kanker atau abnormal.
Faktor psikis seseorang dapat menjadi salah satu faktor pencetus adanya sakit.
Keikhlasan dalam berpuasa dengan iman maka akan muncul kondisi psikis yg baik, kejiwaan yg baik shg menjadi faktor utama sehat rohani dan jasmani.
Terkait dg puasa dan kesehatan mental
Apabila puasa dilakukan dg baik maka akan menjadikan mental sehat. Karena segala sifat sehat ciri yg mencirikan sehat mental ada dalam penerapan puasa.

8 ciri mental sehat :
1. Dapat menyesuaikan dengan kenyataan meskipun kenyataan itu buruk baginya. Dalam QS Al baqoroh: 216, disebutkan “Allah maha mengetahui dan kita tidak.”
Dunia itu hanya ada senang dan senang.. nikmat bisa menghantarkan kepada keburukan atau kebaikan begitu pula ketika ada musibah maka bisa berujung kebaikan kebaikan lainnya.
Org beriman ketika mendapat nikmat bersyukur karena suatu kebaikan apabila mendapat musibah bersabar karena suatu kebaikan didalamnya.
2. Dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan dari hasil usahanya apapun hasilnya diterima.
3. Org yg sehat selalu tolong menolong ketika berhubungan dg lingkungannya
4. Lebih puas dan lebih bahagia memberi ketika menerima. Hadist rasul ” tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah”
5. Tidak cemas dan tegang hiruk pikuk duniawi. Ayat QS. Ar- ra’du 26
Karena selalu ingat kepada Allah
6. Menerima kejadian yg mengecewakan utk dijadikan pelajaran yg akan datang
7. Dapat mengalahkan rasa dendam kepada musuh atau menghilangkan rasa permusuhan dalam hati.
Salah satu kiat hidup bahagia adalah jadilah pemaaf dan menghindari permusuhan. 100 teman, 1juta teman belum cukup tapi 1 musuh sudah cukup menghancurkan kebahagiaan.
Musuh kita bukan org yg membenci kita tetapi musuh kita adalah kebencian kita sendiri.
8. Memberikan masih sayang dan ingin disayangi
Jadi, org yg dalam hidupnya maunya dikasihi,disayangi tanpa mau menyayangi.

Puasa adalah membina kesehatan mental dan fisik. Tujuan puasa jelas utk menjadikan org bertakwa, hikmahnya adalah kesehatan. Melaksanakan puasa penuh dengan keikhlasan.
Puasa dilandasi penuh keimanan dan semata mata berharap pahala Allah SWT. (Oleh: dr Tulus Budi, Editor: CGE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *