KOLABORASI DOKTER SPESIALIS OBSTETRI DAN GYNEKOLOGI, SPESIALIS ANAK DAN SPESIALIS ANESTESI DALAM MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANAK

RSUD Ajibarang sebagai salah satu rumah sakit PONEK di Kabupaten Banyumas, mamandang bahwa kemampuan dalam mengenali kegawatdaruratan obstetri neonatal dan mengatasinya dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak sangatlah penting. Instalasi Diklat dan PSDM bekerja sama dengan TIM Ponek menyusun sebuah program pelatihan “EMERGENCY OBSTETRIC AND NEONATAL CARE” yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenali dan mengatasi kegawatdaruratan ibu dan bayi khususnya para sejawat dokter umum, bidan dan perawat di ruang IGD, ICU dan IBS serta perinatologi.

Pelatihan ini diisi dengan beberapa teori yang diantaranya “Kegawatdaruratan Maternal” yang diampu oleh dr. Hesa Kusuma, SpOG, dan dr. Savitri R, SpOG, materi “Resusitasi Neonatal” yang diampu oleh dr. Florence, SpA dan dr. Din Alfina, SpA, serta Materi mengenai “Managing Mayor Obstetric Haemoragic dan Bantuan Hidup Dasar” oleh dr. Igun Winarno, SpAn.

Pemaparan teori ini diikuti dengan skill station dari tiga bahasan di bidang obsteri diantaranya mengenai bagaimana mengatasi perdarahan ante dan psotpartum, teknik vacum ekstraksi, kompresi bimanual dan manula placenta, teknik pemberian MgSO4 pada pasien eklamsia. Bagian anak memberikan bagaimana teknik resusitasi neonatal yang terbaru, pemasangan infus tali pusat dan pengenalan berbagai alat. Bagian anestesi mengenalkan studi kasus, pengenalan alat, resusitasi pasien syok, kompresi jantung paru, dan pemasangan ETT (Endotracheal Tube).

Pelatihan ini sudah dilakukan beberapa kali dengan melibatkan para dokter dan bidan puskesmas disekitar RSUD Ajibarang, dan yang terbaru dilaksakan hari Sabtu, 13 Juli 2019 dalam rangka kerja sama dengan RS An Nikmah Wangon. Bebrapa testimoni para peserta mengatakan bahwa pelatihan dan skill station seperti ini sangatlah bermanfaat bagi mereka. Kamipun berharap pelatihan ini terus berkembang utnuk bisa memaparkan kepada seluruh sejawat medis dan paramedis yang berkaitan dlam program menurunkan angka kematian ibu dan  anak. (goens”GN”)

GALERI FOTO :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *