Program Desa Binaan IDI Cabang Banyumas

Baturaden, Dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke 69, IDI Banyumas menyelenggarakan rangkaian kegiatan ilmiah dan pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan yg digelar adalah Program Desa Binaan : Project 001 Desa Karangtengah, Baturraden.

Kegiatan ini mengawali program berkesinambungan IDI Banyumas terkait pengabdian masyarakat untuk pembangunan kesehatan masyarakat pedesaan.

Acara yang berlangsung pada tanggal 11 Oktober dan 13 Oktober ini mencakup bantuan jambanisasi utk 350 KK, pengobatan gratis utk 100 pasien dan penyuluhan kesehatan.

Jambanisasi adalah salah satu kegiatan dalam rencana strategi pembangunan kesehatan di Jawa Tengah. Karangtengah merupakan salah satu desa di Banyumas, yang memiliki masalah minimnya ketersediaan jamban yang sehat dan standar. Tercatat 350 KK belum memiliki jamban yang sehat sesuai standar sanitasi. IDI Banyumas memberikan bantuan berupa material bangunan sebesar Rp 5.000.000 utk berpartisipasi dalam proyek jambanisasi di desa Karangtengah. Pemberian bantuan diberikan oleh dr. Rosa Indiarto, MM selaku Wakil Ketua IDI Bms, langsung kepada Kepala Desa Karangtengah Bp. Barkah.

Pengobatan gratis digelar pada tanggal 13 Oktober 2019 dengan pasien sejumlah 100 orang warga Karangtengah. Hadir dalam pengobatan tersebut dr. Nugroho Harbani, Sp.S, MSc, dr. Trisma, dr. Haniko Damar beserta tim medis, serta dr. Nurul dari Puskesmas Kecamatan Baturraden danIbu-ibu PKK Banyumas.

Penyuluhan digelar pada hari yang sama, bertema  Diare dan Tifoid serta Thalassemia. Kedua tema tersebut dipilih terkait tema kegiatan kali ini yang mengangkat ttg jambanisasi sebagai salah satu upaya pencegahan timbulnya kasus diare dan tifoid serta menyambut bulan bakti Thalassemia yang akan digelar pada bulan Nopember 2019 mendatang. Hadir dalam penyuluhan tersebut dr. Gondo Wulandari dan dr. Samuel Sigit Wibowo serta 70 kader kesehatan dan mahasiswa KKN Unsoed di desa Karangtengah.

Kegiatan yang diketuai oleh dr. Aris Sugiri ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Desa Binaan IDI Banyumas di bawah Seksi Pengabdian Masyarakat, yang mengawali rencana IDI Banyumas dalam berkontribusi secara berkelanjutan di desa2 sesuai tema pembangunan kesehatan di wilayah tersebut.

Selamat Hari Dokter Nasional

(by. Dr. Aris S.ed.GN)

GALERI FOTO :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *