Pada tahun 1993 Pengurus Besar ( PB ) IDI melalui Program SDES bekerja sama dengan PATH FINDER USAID menawarkan pemberian bantuan untuk mendirikan Klinik IDI kepada IDI Wilayah dengan syarat IDI mempunyai tempat ( Lahan dan Bangunan ) untuk mendirikan Klinik IDI dan yang bersedia menerima adalah IDI Palembang, Surabaya, Makasar dan IDI Cabang Banyumas.

Sebagai konsekuensi kesanggupan tersebut IDI Cabang Banyumas segera mencari tempat untuk mendirikan Klinik dan atas support para TS Senior yang peduli kepada kemajuan IDI, beliau bersedia memberikan pinjaman dana tanpa bunga untuk membeli rumah seluas 200 seharga 25 jt di jalan Kauman Lama no. 46 Purwokerto dan pinjaman tersebut segera dikembalikan setelah dana bantuan bisa dicairkan.

Klinik IDI Banyumas
Klink IDI Banyumas

Pada tahun 1994 IDI Cabang Banyumas yang dimotori oleh Dr. Choirul Mufied selaku Ketua, Dr. Budhi Setiawan sebagai Sekretaris dan Dr. Widodo HS. sebagai Bendahara mulai menerima bantuan program SDES berupa pelatihan dan sarana/alat Keluarga Berencana ( KB ) bagi 30 Dokter Praktek Swasta ( DPS ) dengan Project Officer ( PO ) Dr. Widodo HS

Pada tahun 1995 melalui perwakilan PATH FINDER Amerika di Indonesia dengan Ketua Prof. Dr. Does Sampurno, MPH dan Dr. Soemengen selaku Sekretaris menyerahkan bantuan pendirian Klinik IDI kepada IDI Cabang Banyumas bersama sama dengan IDI Cabang Medan dan Malang. Proyek ini diberikan selama 4 tahun dan di seluruh Indonesia ada 10 Klinik IDI yang dibantu.

Pada tanggal 24 Oktober 1996 bertepatan dengan Hari Dokter ke 46 dilakukan Peresmian Klinik IDI Banyumas dengan Pelayanan Kesehatan KB meliputi :

  • Pelayanan Kesehatan Umum

  • Pelayanan Kesehatan Gigi

  • Pelayanan KIA dan KB

  • Pelayanan Konseling Reproduksi Remaja dll

 

PERKEMBANGAN KLINIK IDI

Selama Kurun Waktu 4 tahun ( 1995 – 1999 ) pembiayaan Klinik IDI secara penuh dibantu oleh proyek SDES & USAID dan pada tahun 2000 masih disubsidi sebagian sampai tahun 2001 dilepas secara penuh dan harus mandiri. Alhamdulillah sampai saat ini Klinik IDI tetap eksis dan mandiri, sementara 9 Klinik IDI yang lain berangsur angsur habis tidak berkembang.

Pada tahun 2005 dilakukan Renovasi dan Pembangunan gedung lantai 2 untuk Ruang Laboratorium dan Ruang Rapat.

Tahun 2013 membeli 2 bidang tanah dan bangunan disamping dan dibelakang Klinik seharga 1,25 M sehingga luas lahan Klinik sekarang menjadi 526

Dan untuk mempersiapkan perkembangan kedepan IDI Cabang Banyumas mendirikan PT. Citra Dharma Husada Dokter Banyumas sebagai Badan Usaha milik IDI yang saat ini usahanya baru Klinik IDI saja.

Tahun 2015 dimulai renovasi total dan pembangunan Kantor Sekretariat IDI dengan dana 1,75 M yang bersumber dari Kas Klinik IDI dan IDI dan diresmikan pada tgl 24 Oktober 2016.

KEGIATAN KINIK IDI sampai saat ini meliputi

Bidang Kuratif Rehabilitatif

  • Pelayanan Kesehatan Umum , Gigi , KIA-KB, Konseling, Laboratorium sederhana, Pap Smear & IVA

Bidang Promotif – Preventif

  • Edukasi , senam , kunjungan rumah dll

Dalam Kegiatan Pemasaran

  • Menjalin kerjasama dengan Instansi lain : PT. POS, DOLOG sampai tahun 2010, BPN sampai th 2011, Cahaya Medika sampai tahun 2015, PT. Nayaka, PT. Inhealth dan BPJS ( Jumlah Kapitasi ± 11.500 ) dan Laboratorium Medico.

Demikian selayang pandang perkembangan Klinik IDI Banyumas, semoga kedepan lebih sukses dan biasa memberikan manfaat yang lebih besar lagi kepada IDI cabang Banyumas dan masyarakat luas.